Blitar Kota – Hingga kini proses pembelajaran daring masih berlangsung karena pandemi Covid-19 belum berakhir. DPRD pun mulai memikirkan pemberian bantuan kuota internet bagi pelajar untuk mendukung proses belajar mengajar selama pandemi Covid-19.

Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim mengatakan, Pemerintah Kota Blitar akan mengupayakan bantuan internet bagi pelajar. Setidaknya sampai tahun ajaran baru 2021/2022. Menurut Syahrul, bantuan internet ini penting untuk mendukung proses pembelajaran. Meskipun pihaknya tidak memungkiri, bahwa pemberian bantuan kuota internet dari pusat dan daerah rawan tumpang tindih.

Syahrul mengaku saat ini bantuan kuota memang belum tercover karena APBD 2021 juga belum sepenuhnya berjalan. Nantinya masing-masing lembaga pendidikan bisa memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mencukupi kebutuhan bantuan internet. Namun jika tidak mencukupi, Pemerintah Kota diharapkan bisa menyediakan anggaran untuk memback up keperluan itu.

“Seperti tahun kemarin kan juga ternyata kurang bantuan internetnya. Jadi nanti kita akan bantu carikan solusi untuk menambah itu, ” kata Syahrul.

Sementara itu, Didit Rahman Hidayat-Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan tahun ini pihaknya tidak menganggarkan bantuan internet di APBD 2021. Namun, sebagai antisipasi jika bantua dari pusat belum turun, lembaga pendidikan bisa memanfaatkan dan BOS. Besarannya pun disesuaikan dengan kekuatan anggaran masing-masing.

“Sementara untuk tahun ini hanya pakai BOS saja untuk bantuan internet. Infonya dari pusat akan ada bantuan kuota internet lagi. Ttapi ini kita juga masih menunggu kepastiannya seperti apa,” pungkas Didit. (Kir)

Artikel ini telah tayang di blitarkota.go.id dengan judul Ketua DPRD Kota Blitar Inginkan Perbaikan Data Base di Ranwal RPJMD 2021-2026, Ajak ‘Segera’,https://DPRD Kota Blitar Upayakan Bantuan Internet Bagi Pelajar